Mengenai ITIL
ITIL atau Information Technology Infrastruktur Library
merupakan suatu Framework yang menampilkan Best Pratice dalam MLSI dengan
membungkus layanan tata kelola TI yang akan terus melakukan pengukuran
perbaikan kualitas layanan TI. I.T.I.L memiliki lima komponen mengenai
pengelolaan siklus hidup layanan TI, komponen tersebut ialah :
- Service Strategy :
Tujuan dari strategi layanan adalah untuk menawarkan layanan
yang lebih daripada pesaing.
- Service Design :
Setelah sebuah organisasi telah menentukan strategi TI yang
ingin dikejar, mereka menggunakan fase desain layanan dari siklus hidup untuk membuat layanan baru yang kemudian diperkenalkan oleh transisi layanan ke dalam lingkungan hidup
- Service Transition :
Transisi layanan berkaitan dengan menjembatani kesenjangan
itu lancar, memastikan bahwa persyaratan operasional sepenuhnya dipertimbangkan
dan dipenuhi untuk sebelum apa pun dipindahkan ke lingkungan langsung, termasuk
dokumentasi dan pelatihan untuk pengguna dan staf pendukung.
- Service Operation :
Operasi layanan adalah fase siklus hidup manajemen layanan
TI yang bertanggung jawab untuk kegiatan 'bisnis seperti biasa'.
- Continual Service Improvement :
Setelah solusi manajemen layanan diimplementasikan, penting
untuk tidak diam dan berpikir bahwa pekerjaan telah selesai. Semua aspek
lingkungan akan terus berubah, dan penyedia layanan harus selalu terus mencari
perbaikan. Peningkatan layanan berkelanjutan bertanggung jawab untuk memastikan
bahwa perbaikan ini diidentifikasi dan diimplementasikan. Performa dari Penyedia
layanan TI terus diukur dan perbaikan dilakukan untuk proses, layanan TI dan
infrastruktur TI untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas dan efektivitas
biaya.
Review Buku IT SERVICE MANAGEMENT
Buku dengan tahun terbit 2012 yang ditulis oleh empat orang penulis yaitu John Sansbury, Ernest Brewster, Richard Griffiths, Aidan
Lawes merupakan edisi kedua yang membahas ITIL dan Manajemen Layanan TI. ITIL dan manajemen layanan TI ini telah dipraktekkan dengan sukses di seluruh dunia selama lebih dari 20 tahun. ITIL sendiri adalah kerangka kerja untuk manajemen layanan TI dan memberikan praktik manajemen terbaik untuk memenuhi ISO/IEC 20k. Buku ini memberikan panduan untuk memperkenalkan ITIL kepada calon Foundation Examination atau Ujian Yayasan dan orang-orang yang ingin memahami secara praktis tentang manajemen layanan TI. Edisi baru ini merupakan revisi edisi pertama yang kompatibel dengan pembaruan ITIL 2011 yang mencakup proses tambahan berikut: manajemen hubungan bisnis; koordinasi desain; manajemen strategi untuk layanan TI; perencanaan dan dukungan transisi.
Buku ini adalah teks pendamping yang baik bagi orang-orang yang
mengikuti Foundation Examination ujian Yayasan ITIL. Walaupun gaya penulisan pada buku ini terkadang terlihat membosankan atau kurang menarik, isi dari buku ini cukup untuk mendapatkan pemahaman dasar yang dibutuhkan bagi orang yang ingin memulai mempelajari ITIL. Tetapi, Buku ini bukan bacaan yang memukau jadi mungkin buku ini bukan buku untuk orang-orang yang pada
umumnya ingin mempelajari lebih lanjut tentang prinsip-prinsip di balik
Manajemen Layanan TI dikarenakan buku ini cukup tertinggal dimana buku ini masih menggunakan ITIL v3 dan yang versi ITIL terbaru adalah ITIL v4 yang dirilis pada tahun 2019.
Walaupun Elemen inti ITIL 3 dan 4 pada dasarnya tetap sama. Perbedaan
yang membedakan ITIL 4 dari versi yang lebih lama adalah dimasukkannya tambahan
best practice dan materi baru pada bagian integrasi. Versi baru mendorong lebih sedikit silo (kehilangan peluang), meningkatkan
kolaborasi, memfasilitasi komunikasi di seluruh organisasi, dan integrasi Agile
dan DevOps ke dalam strategi ITSM. ITIL 4 dirancang agar lebih dapat
disesuaikan dan fleksibel. Intinya, versi baru ini mendorong pandangan yang
lebih holistik terhadap TI.
Kesimpulannya, buku ini adalah buku yang cocok bagi orang yang ingin memahami dasar-dasar dari ITIL dan Manajemen Layanan TI. Tetapi, buku ini kurang cocok bagi orang-orang yang ingin mendalami lebih lanjut tentang ITIL dan Manajemen Layanan TI dikarenakan versi ITIL pada buku ini tidak sama seperti versi ITIL yang terbaru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar