Kamis, 24 Maret 2022

Manajemen Layanan Sistem Informasi Perusahaan Traveloka

Menganalisis Manajemen Layanan Sistem Informasi pada Perusahaan Traveloka

 



Manajemen Layanan Sistem Informasi

Menurut ITIL (Information Technology Infrastructure Library) atau Pustaka Infrastruktur Teknologi Informasi, yang dimaksud dengan layanan adalah cara memberikan nilai kepada pelanggan dengan memberikan fasilitas hasil yang ingin dicapai (oleh pelanggan) tanpa kepemilikan biaya dan risiko tertentu. Manajemen Layanan adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk menyediakan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan. Yang dimaksud dengan 'Kemampuan organisasi khusus' mencakup aktivitas, peran, proses, dan fungsi yang digunakan penyedia layanan dalam memberikan layanan (kepada pelanggan mereka), dan juga kemampuan untuk membangun struktur organisasi yang sesuai dan memahami bagaimana memfasilitasi hasil yang menciptakan nilai.

Tentang Traveloka

Traveloka merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Konsep awal Traveloka memiliki fungsi sebagai search engine yang membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs-situs lainnya. Kemudian pada tahun 2013 Traveloka melakukan pengembangan menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada Maret 2014, Traveloka dinyatakan akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel oleh Ferry Unardi dan jasa pemesanan hotel mulai tersedia di situs Traveloka pada bulan Juli 2014.


5 Komponen Layanan Sistem Informasi

  1. Strategi Layanan
  2. Desain Layanan
  3. Transisi Layanan
  4. Operasi Layanan
  5. Continual Service Improvement / Peningkatanan Layanan Terus-Menerus

    Pada artikel ini, saya akan membahas tentang Operasi Layanan dan Peningkatan Layanan Terus Menerus

Untuk penjelasan komponen lainnya dapat dilihat di tautan berikut:


Operasi Layanan Perusahaan Traveloka

Deskripsi Perusahaan Traveloka adalah perusahaan teknologi yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry, Derianto, dan Albert. Saat ini, Traveloka memperluas jangkauannya dengan beroperasi di 6 negara dan bereksperimen dengan upaya baru yang akan menciptakan dampak besar di pasar dan industri yang mereka sentuh. Selama ini belum ada kasus yang signifikan terhadap permasalahan website dari Traveloka ataupun dari Aplikasinya. Proses-proses refund atau sebagainya dapat ditangani dengan baik oleh pihak Traveloka.


Peningkatan Layanan Terus-Menerus Perusahaan Traveloka

Seperti misi Traveloka yaitu mentransformasi industri travel Indonesia melalui teknologi, tarveloka bertumbuh, belajar dari kesalahan, dan terus menyempurnakan layanan yang aman dan terpercaya. Beberapa peningkatan layanan yang telah dilakukan oleh Traveloka :
  • Pengisian saldo E-Money melalui aplikasi Traveloka 
  • Pembelian tiket kereta di Thailand, Vietnam, dan Taiwan
  • Pengembalian Dana 100% jika perjalanan berubah
  • Pemesanan villa dan apartemen di Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina
  • Pembayaran TV kabel dan tagihan internet



Sumber Referensi




*Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas matakuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi dengan Dosen Pengampu Ibu  Dina Agusten, St., MMSI.*

Oleh :  Kelompok 8
  • Isa Tarmana Mustopa     (10120544)
  • Nabila Rachmah             (10120820)
  • Nalendra Kian Rahman  (10120830)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 4 MLSI

Mengenai ITIL ITIL atau Information Technology Infrastruktur Library merupakan suatu Framework yang menampilkan Best Pratice dalam MLSI deng...