Minggu, 24 April 2022

Menganalisa Pelayanan Publik Bank BTN tentang Manajemen Layanan Sistem Informasi

Sejarah Singkat Bank BTN

Bank BTN adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Cikal bakal Bank BTN dimulai dengan didirikannya Postspaarbank di Batavia pada tahun 1897, pada masa pemerintah Belanda. Pada 1 April 1942 Postparbank diambil alih pemerintah Jepang dan diganti namanya menjadi Tyokin Kyoku. Setelah kemerdekaan diproklamasikan, maka Tyokin Kyoku diambil alih oleh pemerintah Indonesia, dan namanya diubah menjadi Kantor Tabungan Pos RI. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 4 tahun 1963 Lembaran Negara Republik Indonesia No. 62 tahun 1963 tanggal 22 Juni 1963, maka resmi sudah nama Bank Tabungan Pos diganti namanya menjadi Bank Tabungan Negara.


Layanan Sistem Informasi Bank BTN

Internet Banking

Internet Banking hadir untuk memberikan kemudahan layanan dan kenyamanan dalam memperoleh informasi keuangan dan melakukan swakelola transaksi perbankan melalui media internet.

  • Memantau saldo dan mutasi rekening dan cetak rekening koran

  • Pemindah bukuan sesama rekening Bank BTN dan antar Bank (Online, RTGS, SKN)

  • Kemudahan pembelian dan pembayaran tagihan

  • Blokir sendiri kartu ATM

  • Informasi suku bunga dan nilai kurs

  • Laporan rekening gabungan atau konsolidasi

SPP Online

Merupakan jasa layanan bagi lembaga pendidikan berupa penerimaan setoran biaya pendidikan dan biaya lainnya yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan secara online dan real-time

  • Data pembayaran biaya pendidikan dapat mudah diintegrasikan dengan sistem administrasi lembaga pendidikan
  • Pelaporan dapat disajikan untuk setiap Fakultas atau Program Studi

  • Data dapat diketahui setiap saat dan dapat diakses secara online
  • Melalui delivery channel yang dimiliki oleh Bank BTN, mahasiswa dapat melakukan pembayaran secara online, cepat, tepat, mudah, aman, dan nyaman

Notifikasi Transaksi BTN

Fasilitas untuk nasabah (perorangan/lembaga) yang diberikan oleh Bank BTN berupa fitur pemberitahuan tentang adanya transaksi debit/kredit yang terjadi di rekening nasabah dan disampaikan melalui SMS dan email notifikasi

  • Dapat mengetahui mutasi transaksi kredit/debit dari rekening tabungan/giro nasabah secara real-time melalui SMS dan email notifikasi sesuai dengan limit yang ditentukan oleh nasabah
  • Transaksi dapat dilakukan dimanapun tanpa batas




Sumber Referensi




*Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas matakuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 4 MLSI

Mengenai ITIL ITIL atau Information Technology Infrastruktur Library merupakan suatu Framework yang menampilkan Best Pratice dalam MLSI deng...