ITIL pada Perusahaan Pegipegi
Sumber : https://lh3.googleusercontent.com/-1h0FjiMNHx4/Ya6iUX0CVVI/AAAAAAAATr0/d_Vqjk4AOKgPAR6efY0mBv1ZjsD5BgbIQCNcBGAsYHQ/Pegipegi.png |
Apa sih Pegipegi itu?
Diresmikan pertama kali sebagai agen perjalanan daring yang
melayani pemesanan hotel di Indonesia pada tanggal 7 Mei 2012. Pada bulan
Agustus 2013, Pegipegi mulai membuka layanan untuk pemesanan tiket pesawat
secara daring. Pegipegi menyediakan aplikasi gratis Android pada bulan Juli
2015 dan pada Desember 2015, aplikasi gratis khusus iOS telah tersedia. Pada
bulan Maret 2016, pegipegi mulai melayani pemesanan tiket kereta api secara
daring. Sebagai salah satu agen perjalanan daring yang dapat diakses melalui
situs web dan smartphone, Pegipegi sudah Terhubung langsung dengan lebih
dari 25.000 hotel di Indonesia, 25.000 rute penerbangan, 2.800 rute kereta api
dan kereta api bandara (Railink). Pegipegi memberikan kemudahan bagi siapa saja
dalam merencanakan dan menikmati liburan terbaik dengan biaya terjangkau.
Penjelasan ITSM
Manajemen Layanan TI atau yang disebut Information
Technology Service Management (ITSM) adalah pendekatan strategis
untuk merancang, memberikan, mengelola, dan meningkatkan cara bisnis
menggunakan Teknologi Informasi (TI). ITSM mencakup semua kegiatan dan proses
terpisah yang mendukung layanan selama siklus hidupnya, mulai dari manajemen layanan
hingga manajemen perubahan, manajemen masalah dan insiden, manajemen aset, dan
manajemen pengetahuan.
ITSM adalah sarana untuk mencapai tujuan, penggerak strategi
bisnis, cara formal bagi TI untuk memberikan manfaat bagi pelanggannya,
seperti:
- Bisnis
apa pun bertujuan untuk mendapat untung. Untuk mencapai laba, para
pemangku kepentingan menetapkan serangkaian tujuan jangka panjang.
- Manajemen
perusahaan kemudian harus membuat serangkaian keputusan yang membentuk
strategi bisnis untuk mencapai tujuan tersebut.
- Strategi
ini diteruskan ke manajemen TI, yang mendefinisikan layanan yang harus
dikirim ke bisnis, bersama dengan serangkaian pedoman untuk memberikan
layanan tersebut. Ini dikenal sebagai tata kelola TI.
- Layanan
yang didefinisikan oleh tata kelola TI dipecah menjadi proses oleh ITSM.
ITSM bertanggung jawab untuk menjalankan proses-proses tersebut dan
pengiriman layanan ke bisnis.
Dengan melakukan pengamatan proaktif pada pemberian layanan
IT yang dilakukan untuk memastikan target akan menyepakati sebelumnya untuk
tanggung jawab, kualitas dan ketersediaan secara konsisten dapat terpenuhi.
Kerangka kerja (framework) yang dianggap dapat memberikan
contoh penerapan ITSM di antaranya:
·
Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
· Control
Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
· Software
Maintenance Maturity Model
· PRM-IT
IBM’s Process Reference Model for IT
·
Application Services Library (ASL)
· Business
Information Services Library (BISL)
· Microsoft
Operations Framework (MOF)
· eSourcing
Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Model
for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing
Management.
ITIL pada Pegipegi
sumber : https://wiki.de.it-processmaps.com/images/thumb/4/40/Wiki-ITIL-V3.jpg/600px-Wiki-ITIL-V3.jpg |
ITIL atau Information Technology Infrastruktur
Library merupakan suatu Framework yang
menampilkan Best Pratice dalam MLSI dengan membungkus layanan
tata kelola TI yang akan terus melakukan pengukuran perbaikan kualitas layanan
TI. I.T.I.L memiliki lima komponen mengenai pengelolaan siklus hidup layanan
TI, komponen tersebut ialah :
- Service
Strategy
- Service
Design
- Service
Transition
- Service
Operation
- Continual Service Improvement
Service Strategy
Pegipegi, sebagai salah satu perusahaan terbesar yang
bergerak di bidang pariwisata pun turut membuat strategi khusus demi menjaga
eksistensinya di tengah badai Corona melalui berbagai kampanye dan aktivitas
untuk masyarakat. Beberapa aktivitas yang Pegipegi lakukan, di antaranya:
MELUNCURKAN KAMPANYE #NANTIKITAPEGIPEGILAGI
Tidak lama sejak diumumkannya pasien pertama virus Corona (COVID-19) di Indonesia bulan Maret lalu, akhirnya Presiden Joko Widodo memberikan imbauan agar seluruh masyarakat bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Tindakan yang juga disebut dengan physical distancing ini sangat dianjurkan untuk menghambat penyebaran virus. Melalui kampanye #NantiKitaPegipegiLagi, Pegipegi ingin mengingatkan masyarakat agar terus menjaga kesehatan dan kewaspadaan secara disiplin dari rumah. Sejalan dengan misi pemerintah dalam memerangi COVID-19, Pegipegi juga mengimbau kepada masyarakat bahwa kesehatan dan keselamatan adalah prioritas utama. Kegiatan ini diturunkan dalam pesan-pesan informatif di berbagai platform seperti media sosial, billboard, dan artikel media.
MELUNCURKAN FITUR CLEAN & SAFE STAY
Dalam kampanye #PegipeginyaLebihAman, Pegipegi berkomitmen untuk membuat perjalanan setiap pelanggannya lebih aman dan nyaman dengan meluncurkan fitur Clean & Safe Stay. Hadirnya fitur ini bertujuan untuk membantu setiap pelanggan memilih hotel yang telah menerapkan standar kebersihan tinggi, demi memastikan pengalaman yang aman dan nyaman selama menginap. Saat ini, pelanggan dapat menggunakan fitur Clean & Safe Stay pada aplikasi Pegipegi dengan melakukan filter di pencarian hotel berlabel ‘Clean & Safe’.
Service Design
Tampilan Home pada situs web Pegipegi.com |
Service Design pada Pegipegi ini tidak berhenti hanya dalam proses pembuatan produknya (aplikasi ataupun website Traveloka) saja. Tetapi tetap berlanjut dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Dari tampilan web nya sudah bisa langsung memesan berbagai jenis tiket setelah melakukan login. Kemudian apabila kita scroll ke bawah sedikit, Pegipegi menyediakan berbagai macam promo yang tersedia untuk ditawarkan kepada pelanggan.
Service Transition
Pegipegi menciptakan sebuah reward bagi para member Pegipegi yang dinamakan PepePoin. PepePoin ini spesial untuk member Pegipegi, setiap kali mereka melakukan booking hotel di Pegipegi, mereka akan mendapatkan PepePoin yang nantinya bisa digunakan sebagai diskon untuk booking hotel berikutnya.
Kemudian, untuk memberikan kemudahan kepada pengguna, Pegipegi meluncurkan beberapa fitur baru di aplikasi. Pertama ada Online Check-In, memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menghindari keterlambatan saat check-in di bandara. Kemudian ada Travel Insurance, memberikan perlindungan untuk keterlambatan hingga kecelakaan diri. Jika pelanggan pada akhirnya perlu membatalkan perjalanan ada fitur Online Refund. Dan yang terakhir adalah PayLater dari Kredivo sehingga dapat mencicil biaya akomodasi hingga 12 bulan.
Service Operation
Hingga saat ini, Pegipegi memperluas jangkauannya agar perjalanan ke luar negeri semakin mudah. Selama ini belum ada kasus yang signifikan terhadap permasalahan website dari Pegipegi maupun dari Aplikasinya. Proses-proses refund atau sebagainya dapat ditangani dengan baik oleh pihak Pegipegi dimana Custemor Service-nya dapat merespon dan melayani dengan segera.
Continual Service Improvement
- Pegipegi mendukung untuk perjalanan ke luar negeri
- Pegipegi menyediakan berbagi macam opsi pembayaran, yang terbaru menggunakan GoPay
- Memasukkan NIK / Nomor Paspor untuk bayi
- Menyesuaikan keadaan di masa pandemi seperti menyediakan test PCR atau antigen, dan menyambungkan atau menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
- https://dewilestaridee.wordpress.com/2016/03/24/manajemen-layanan-sistem-informasi/
- https://10-fach.site123.me/my-blog/implementasi-itsm-dalam-perusahaan
- https://glints.com/id/lowongan/itsm-it-service-management-adalah/#.YoZEXKhBzrc
- https://www.apk4fun.com/history/201294/
- https://www.pegipegi.com/promo/clean_safe/
- https://www.pegipegi.com/info/reward/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar